Implementasi Kerja Sama UNM-NCNU: Pelatihan Bahasa Mandarin dan Pengenalan Budaya China

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Nanchang Normal University, China

Makassar, Selasa 15 November 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin mengadakan acara pembukaan  “Cultural Tourism Jiangxi” – Pelatihan Bahasa Mandarin dan pengenalan kebudayaan China secara daring melalui aplikasi tencent meeting VOOV. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari kerja sama antara Universitas Negeri Makassar dengan Nanchang Normal University, China. Acara pembukaan dihadiri sejumlah 137 peserta dan dosen-dosen dari kedua kampus.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi tali penting untuk mempromosikan  pengetahuan Bahasa dan budaya kedua negara, dan kegiatan ini bisa mempererat persahabatan dan pertukaran pemuda-pemudi Tiongkok dan Indonesia, Saya juga berharap melalui lebih banyak pertukaran dan kerja sama dengan UNM dalam  penelitian, akademis, budaya, sehingga lebih banyak melayani pembunganan ekonomi dan sosial di kedua tempat. ”, ungkap Ms. Gao Xiang, wakil Rektor Nanchang Normal University saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara.

Acara Pembukaan “Cultural Tourism Jiangxi” Pelatihan Bahasa Mandarin dan Pengenalan Budaya China, Universitas Negeri Makassar dan Nanchang Normal University

“Saya merasa senang mengetahui bahwa peserta pelatihan tidak hanya berasal dari prodi Pendidikan Bahasa mandarin Universitas Negeri Makassar saja, tetapi juga dari prodi lain, kampus lain, bahkan luar kota sekalipun.”, papar Dr.Misnawaty Usman, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM.

Pelatihan akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 15 – 20 Juni 2022, dengan metode pelaksanaan distance learning mengunakan media pembelajaran VooV meeting dan yang menjadi Pengajar dalam pelatihan ini merupakan dosen Native Speaker  dari Nanchang Normal University. Peserta akan mendapatkan materi yang beragam, yaitu pembelajaran bahasa Mandarin, seni menggunting kertas, kaligrafi China, dan bentuk seni budaya lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa maupun masyarakat umum untuk lebih mengenal bahasa dan seni budaya tiongkok. Dan kerja sama ini dapat menjadi salah satu jembatan untuk hubungan Indonesia-Tiongkok yang semakin baik.

Pewarta : Asmuliyati Nahnu
Editor     : Arini Junaeny