Kerja Sama: Kunjungan Dua Perusahaan Tiongkok di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM

Penyerahan Cinderamata oleh Pihak Fakultas Bahasa dan Sastra kepada Pihak Perusahaan

Pada hari Rabu, 5 Oktober  2022, Utusan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan PT Hengsheng New energy Material Indonesia melakukan kunjungan ke Fakultas Bahasa dan Sastra. Kunjungan perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Bantaeng ini yaitu dalam rangka perjanjian kerja sama antara perusahaan tersebut dengan Universitas Negeri Makassar.

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini, membutuhkan karyawan yang mampu berbahasa Mandarin. Selain itu, kedua perusahaan juga berencana untuk bekerjasama dengan fakultas-fakultas yang memiliki bidang yang berkaitan dengan bidang industri perusahaan, seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dsb. Kunjungan kali ini untuk membahas tentang niat dan proses kerjasama, dan akan dibicarakan lebih lanjut mengenai bentuk-bentuk kerjasama.

Perkenalan Alumni Menggunakan Bahasa Mandarin

Pihak Fakultas Bahasa dan Sastra menerima dengan sangat baik kerja sama ini. Pimpinan fakultas menyampaikan bentuk kerjasama diarahkan agar lebih fokus kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan perjanjian ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 3, Wakil Dekan 4, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Asing,  para Ketua Prodi, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, mahasiswa dan alumni Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Sedangkan dari pihak perusahaan dihadiri oleh Mr. Hang Jian (Direktur PT Huadi Nickel Alloy Indonesia), Mr. Xia Zhi Wei (General Manager PT Hengsheng New energy Material Indonesia), dan Kepala HRD kedua perusahaan, Ibu Rita dan Ibu Shita,  serta karyawan dari Tiongkok.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai Prodi bungsu di Fakultas Bahasa dan Sastra, dapat melebarkan sayapnya dan berkembang sangat pesat. Semoga dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi ladang ilmu bagi mahasiswa dan siap untuk menghadapi dunia kerja.

Foto Bersama Pihak Perusahaan, Pimpinan dan dosen Fakultas Bahasa dan Sastra, dan Mahasiswa