Audit Mutu Internal (AMI) Pendidikan Bahasa Mandarin UNM Tahun 2022

Audit Mutu Internal atau yang disingkat menjadi AMI, merupakan proses pengujian dan evaluasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk menjadi tujuan institusi (Kemeristekdikti, 2019). Setiap institusi tentunya melakukan AMI untuk mendapatkan evaluasi dan melakukan perbaikan pada sistem yang berlaku.

Proses Auditoring AMI Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Pada hari Sabtu, 16 Juli 2022, telah dilaksanakan Audit Mutu Internal Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Makassar. Proses auditoring yang berlangsung kurang lebih 5 jam tersebut, menghasilkan beberapa temuan dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Salah satunya ialah Prodi belum melibatkan alumni dan pengguna alumni dalam penyusunan kurikulum. Hal ini dikarenakan saat penyusunan kurikulum, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin belum memiliki lulusan yang terhitung lebih enam bulan dari kelulusannya. Prodi ini baru meluluskan mahasiswa sekitar dua tahun lebih, 2020 sampai 2022.Namun, hal ini akan menjadi target kegiatan untuk pengembangan kurikulum Prodi yang lebih baik.   

Audit Mutu Internal Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM

Selain itu, hal penting lainnya antara lain, perlunya membentuk unit untuk mengembangkan sistem dan mutu pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi,  berekspresi, bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber yang hasilnya dimanfaatkan oleh institusi, perlunya unit pendidikan karakter mahasiswa tingkat fakultas, perlunya pengajar praktisi, mekanisme dan perangkat evaluasi (EDOM) yang perlu diperjelas, perlunya keterlibatan prodi dalam pengajuan dan pengelolaan dana guna mengembangkan prodi, dan terdapat perbaikan minor lainnya.

Auditor AMI Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Bapak Dr. Sakaria, S.S, S.Pd, M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa segala temuan akan dilaporkan dan menjadi evaluasi bagi pemangku kepentingan. Semoga dengan proses AMI ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin dapat memperbaiki mutu dan mengembangkan program studi menjadi lebih baik.

Audit Mutu Internal Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM