Kerja Sama: Kunjungan PT Graha Inti Jaya di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM

Kiri: Prof. Syukur Saud M.Pd (Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNM)
Kanan : dr. John Rorimpandey (GM HRD PT Graha Inti Jaya)

Pada hari Jumat 15 Juli 2022, Utusan PT Graha Inti Jaya atau Julong Group melakukan kunjungan di Fakultas Bahasa dan Sastra. Kunjungan ini dalam rangka perjanjian kerja sama antara Julong Group dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Adapun program utama dalam kerja sama ini yaitu magang mahasiswa dan perekrutan lulusan. Kerja sama ini juga dinilai dapat mendukung penuh program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) yang ada di prodi.

Perusahaan yang bergerak di bidang minyak kelapa sawit ini, sangat membutuhkan karyawan yang mampu berbahasa Mandarin. Olehnya itu, Julong Group bermaksud melakukan kerja sama dengan program studi Mandarin yang ada di Indonesia. Program yang disiapkan oleh pihak perusahaan diantaranya berupa magang mahasiswa, perekrutan langsung, dan Management Trainee. Perekrutan lulusan secara langsung ditujukan untuk lulusan yang memiliki keterampilan bahasa Mandarin yang sangat baik dengan kualifikasi tertentu. Sedangkan Management Trainee, adalah perekrutan yang melalui proses pelatihan dunia kerja dan peningkatan bahasa Mandarin profesi atau bahasa Mandarin sesuai dengan bidang kerja. Bapak dr. John Rorimpandey juga menambahkan dalam pemaparannya, bahwa pihak perusahaan juga akan melakukan kerja sama dengan fakultas lain, karena tidak hanya kemampuan bahasa Mandarin yang dibutuhkan, tetapi juga multidisiplin ilmu kedepannya akan sangat dibutuhkan. “Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin ini sebagai pintu masuk kerja sama untuk disiplin ilmu lainnya, untuk saat ini bahasa Mandarin lebih dahulu karena kebutuhannya sangat besar”, kata Bapak John selaku GM HRD PT Graha Inti Jaya.

Foto Bersama Pimpinan Fakultas, Prodi, Para Dosen, dan pihak PT Graha Inti Jaya

Pihak Fakultas Bahasa dan Sastra, diwakili oleh Wakil Dekan 4 Ibu Dr. Nurming Saleh, M.Si., menerima dengan sangat baik kerja sama ini. Beliau akan memfasilitasi proses kerjasama ke tingkat universitas, dan sejak pertemuan ini kedua pihak sudah dapat melakukan kegiatan-kegiatan kerja sama. Kegiatan perjanjian ini juga dihadiri oleh Dekan, WD 2, WD 3, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, dan para dosen prodi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai Prodi bungsu di Fakultas Bahasa dan Sastra, dapat melebarkan sayapnya dan berkembang sangat pesat. Semoga dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi ladang ilmu bagi mahasiswa dan siap untuk menghadapi dunia kerja.