KEGIATAN BAKTI SOSIAL (BAKSOS HAN III) HIMPUNAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNM

Himpunan Mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Makassar kembali mengadakan kegiatan bakti sosial (BAKSOS HAN III). Mengusung tema “Mengabdi Karena Kasih, Bergerak Dari Hati”. Bakti sosial ini bertujuan untuk memberikan dedikasi sebagai mahasiswa kepada masyarakat. Bakti Sosial setiap tahunnya merupakan kegiatan sosial yang lakukan untuk mendidik mahasiswa agar lebih aware dengan kondisi lingkungan khususnya desa yang masuk ke dalam klasifikasi terpencil. Kegiatan bakti sosial ini diadakan pada 19-28 Januari 2021 di Desa Rappolemba, Kec. Tompobulu, Kab. Gowa.

Bakti sosial (BAKSOS) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa Mandarin setiap tahunnya. Dimana, peserta dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin. Tahun ini bakti sosial (BAKSOS) diikuti lebih dari 30 orang peserta. Berbagai rangkaian kegiatan diikuti peserta dengan baik selama 10 hari 9 malam, dari penataan lingkungan desa, bergotong-royong bersama warga, melaksanakan pengajian, mengajar kelas formal di salah satu SMA, melaksanakan kegiatan LDK di SMA Islam Nurul Ilmi, dan masih banyak kegiatan lainnya yang memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman berharga untuk peserta, karena pada kegiataan ini peserta turut serta dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

Para masyarakat menyambut baik kegiatan bakti sosial ini. Hal ini terlihat dari antusias warga masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan yang dipersiapkan oleh panitia. Dengan diadakannya kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan oleh para mahasiswa setidaknya menjadi bukti bahwa misi perguruan tinggi tidak hanya bersifat akademis semata. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan juga harus mendorong para mahasiswanya memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Selain itu sebagai pembelajaran mahasiswa dalam bermasyarakat dan sekaligus mengaktualisasikan potensi diri masing-masing. (Khafifa Fuji Lestari/HMPS HAN SHI REN)